Testimoni herbavi Herbal Rahasia Wanita

Tips Agar ASI Lancar

asi eksklusifSaluran ASI bisa tersumbat jika saluran susu tidak mengalami pengosongan dengan baik, misalnya akibat posisi menyusui tidak bervariasi, Anda sibuk atau stres sehingga bayi tidak disusui dengan teratur, bayi tidur sepanjang malam sehingga melewati waktu menyusu, BH terlalu ketat atau alat bantu gendong bayi menekan payudara.

Bila saluran ASI tersumbat, timbul gejala sakit, bengkak, bagian payudara mengeras dan kulit payudara memerah. Penyumbatan yang tidak ditanggulangi bisa mencetus radang payudara atau mastitis.

Solusi:

1. Terus menyusui dan susui bayi terlebih dulu di payudara yang saluran ASI-nya tersumbat, karena saat lapar ia akan mengisap dengan kuat.
2. Lakukan pijatan untuk melonggarkan sumbatan yang terjadi (lihat boks).
3. Hindari memakai BH ketat atau berkawat.
4. Terkadang saluran ASI yang tersumbat dihubungkan dengan adanya bisul kecil di ujung puting susu. Konsultasikan ke dokter.
5. Bila saluran ASI tetap tersumbat hingga 48 jam, ke dokter.

Pijat Payudara

Saluran ASI yang tersumbat bisa diatasi dengan memijat payudara. Sebelum memijat pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Lakukan secara perlahan-lahan.

1. Awali pijatan dari pangkal payudara – letaknya paling dekat dengan dinding dada Anda. Tekan bagian itu dengan bawah telapak tangan Anda – dalam posisi ini telapak tangan akan berada di posisi tegak lurus dari payudara
2. Tahan sebentar hingga rasa sakit reda. Lalu, tingkatkan tekanan pada bagian yang sakit itu tanpa memindahkan telapak tangan hingga rasa sakitnya reda.
3. Ulangi terus gerakan dan secara bertahap, tingkatkan tekanan pada bagian yang sakit hingga akhirnya Anda dapat menekan bagian tersebut sekuat tenaga tanpa merasa sakit.
4. Lalu, angkat telapak tangan dan letakkan 1-2 cm di bawah bagian yang sakit, ke arah puting susu. Ulangi gerakan memijat seperti di atas.
5. Pindahkan kembali telapak tangan ke bawahnya lagi, hingga akhirnya berada di puting susu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel terkait lainnya:

  1. Bagaimana Cara Meningkatkan Produksi ASI?
  2. Tips Menghaluskan Telapak Tangan dengan Bahan Alami
  3. Tips Memotong Kuku Bayi
  4. Manfaat Penting ASI Eksklusif
  5. Tips Perawatan Agar Miss V Tetap Kencang

Komentar Anda