Testimoni herbavi Herbal Rahasia Wanita

Manfaat Penting ASI Eksklusif

asi eksklusifBerikut ringkasan mengenai pentingnya ASI Eksklusif, dari gizi.net yang sedikit diperbaharui, karena di dokumen ini masih mencantumkan ASI Eksklusif 4 bulan.

Apa yang dimaksud dengan ASI Eksklusif?
Yang dimaksud dengan ASI Eksklusif yaitu perilaku dimana hanya memberikan Air Susu Ibu (ASI) saja kepada bayi sejak lahir sampai usia 4 (empat) bulan.

Apa yang dimaksud dengan kolostrum?
Kolostrum (susu pertama) adalah ASI yang keluar pada hari-hari pertama setelah bayi lahir (4-7 hari), berwarna kekuning-kuningan dan lebih kental karena mengandung banyak vitamin A, protein dan zat kekebalan yang penting untuk kesehatan bayi.

Apa manfaat kolostrum bermanfaat bagi kesehatan bayi ?
Kolostrum sangan bermanfaat bagi kesehatan bayi karena dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare, dan membantu pengeluaran mekonium, yaitu kotoran bayi pertama yang berwarna hitam kehijauan.

Mengapa menyusui selalu dianjurkan dan apa manfaat pemberian ASI ?
Karena ASI makanan yang lengkap zat gizinya bagi bayi.
Manfaat ASI
ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. ASI mengandung zat gizi berkualitas tinggi, berguna untuk kecerdasan dan pertumbuhan.
ASI mengandung asam amino essensial yang sangat penting untuk meningkatkan jumlah sel otak bayi (berkaitan dengan kecerdasan bayi), terutama sampai usia bayi 6 bulan. Bila pada periode tersebut terjadi kekurangan gizi, akan terjadi penurunan jumlah sel otak sebanyak 15-20%.
ASI mengandung zat kekebalan, melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi.
ASI selalu aman dan bersih.
ASI tidak pernah basi.
ASI mempunyai suhu yang tepat, sehingga dapat langsung diberikan kepada bayi setiap saat.
ASI mengandung zat antibodi sehingga menghindarkan bayi dari alergi dan diare.
Manfaat menyusui:
Lebih mudah pemberiannya (ekonomis dan praktis)
Menyusui mempererat hubungan kasih sayang antara ibu dan anak
Menyusui dapat menjarangkan kelahiran (cara alamiah penunjang KB) jika bayi disusui hanya ASI saja selama 4 bulan pertama, tanpa diselingi makanan lainnya
Menghindarkan ibu dari kemungkinan timbulnya kanker payudara
Uterus cepat pulih
Ibu lebih sehat dan bayi tidak kegemukan
Mencegah timbulnya Diabetes Millitus pada masa bayi/anak-anakInteraksi antara ibu dan bayi yang penting untuk perkembangan kejiwaan/mental anak

Apakah yang dimaksud dengan makanan pralakteal? Mengapa berbahaya untuk Bayi?
Makanan pralakteal adalah makanan dan minuman yang diberikan kepada bayi sebelum ASI keluar. Jenis-jenis makanan minuman tersebut a.l: air kelapa, air tajin, madu, pisang, nasi yang dikunyah oleh ibunya, pepaya, dll. Pemberian makanan dan minuman pralateal berbahaya bagi bayi karena: Saluran pencernaan bayi belum cukup kuat untuk mencernakan makanan atau minuman selain ASI. Makanan atau minuman lain sering mengandung kuman yang bisa membuat bayi sakit. Jadi tidak boleh memberikan makanan dan minuman lain kepada bayi selain ASI sampai dengan usia 6 bulan, agar pertumbuhan dan kesehatan bayi tetap terjaga baik.

Mengapa hanya ASI saja yang diberikan kepada bayi sejak lahir hingga umur 6 bulan?
ASI saja cukup. Pada periode usia bayi 0-6 bulan, kebutuhan gizi bayi baik kualitas maupun kuantitas terpenuhi dari ASI saja, tanpa harus diberikan makanan ataupun minuman lainnya Pemberian makanan lain akan mengganggu produksi ASI dan mengurangi kemampuan bayi untuk menghisap. Daya cerna bayi hanya cocok untuk ASI.
Zat kekebalan dalam ASI maksimal dan dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi. Asam lemak esensial dalam ASI bermanfaat untuk pertumbuhan otak, sehingga merupakan dasar perkembangan kecerdasan bayi dikemudian hari.

Kapan ibu mulai menyusui bayinya?
Ibu harus menyusui bayinya sesegera mungkin yaitu setelah bayi lahir, karena daya hisap bayi pada saat itu paling kuat. Sentuhlah mulut dengan puting, sehingga bayi terangsang untuk menghisap, meskipun ASI belum keluar. Melalui perlekatan antara ibu dan bayi, perlakuan tersebut akan mempercepat proses pengeluaran ASI. Hisapan bayi akan merangsang keluarnya ASI.

Berapa lama ibu harus menyusui bayinya?
Susuilah bayi sesering mungkin sesuai dengan kebutuhan bayi Menyusui dilakukan secara bergantian antara kedua payudara sampai kosong hingga bayi tenang dan puas, biasanya + 10 menit.

Bagaimana cara menghentikan bayi menyusui?
Menghentikan bayi menyusui dapat dilakukan dengan cara: Bila bayi selesai disusui tapi mulutnya masih melekat pada puting susu ibu, dapat dilakukan dengan menekan sudut mulut bayi dengan salah satu jari dan bayi akan melepas puting dengan perlahan.

Bagaimana cara menyendawakan bayi setalah disusui?
Menyendawakan bayi dapat dilakukan dengan cara meletakkan bayi pada bahu ibu atau telungkup sampai bersendawa.

Banner-Herbavi-GIF

Sumber : asipasti.co.cc

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada artikel yang terkait

Komentar Anda