solusi keputihan, miss v longgar, lendir berlebih, miss v berbau,

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur?

Apa gunanya kita mengetahui cara menghitung masa subur? Jawabannya adalah buat jaga jaga :) Yah karena di zaman modern sekarang ini banyak pasangan yang memilih cukup 2 anak guna membentuk keluarga berencana atau keluarga berkualitas alias KB. Berbagai cara dilakukan untuk mencegah kehamilan akibat hubungan rutin suami istri. Mulai dari memasang alat kontrasepsi, minum pil KB, sterilisasi pria (vasektomi), sterilisasi wanita (tubektomi), hingga cara tradisional sistem kalender. Cara kalender bisa meleset karena tingkat ketepatannya hanya 60% sampai 70%.

Apakah Masa Subur itu?

Yang dimaksud dengan masa subur adalah masa yang diperkirakan akan terjadinya ovulasi atau keluarnya telur sehingga wanita tsb dinyatakan subur, karena siap untuk dibuahi dengan sperma yang datang.

Rumus Menghitung Masa Subur dengan Sistem Kelender :

Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13
Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3

Contoh : Jika hari terakhir mens adalah tangal 10 maka tanggal masa subur adalah tanggal 23, masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

Agar lebih tepat sebaiknya melakukan pencatatan 6 siklus haid terakhir untuk menentukan masa prasubur. Kurangi dan tambahkan 3 hari pada siklus terpendek dan terpanjang dari catatan yang telah dibuat.

Jadi berhati-hatilah dalam berhubungan suami isteri ketika masa subur istri tanpa alat kontrasepsi atau teknik KB lainnnya yang dapat mencegah kehamilan. Pelajari dengan baik sebelum menentukan metode pencegah kehamilan yang tepat dengan ahli kadungan seperti dokter dan bidan.

Sistem kalender dalam menentukan masa subur hanya dapat digunakan pada wanita yang teratur mens 28 sampai 35 hari. Rokok dan gizi buruk juga mempengaruhi rutinitas keluarnya sel telur.

Ingin Tahu Herbal Rahasia Wanita? silakan klik di sini
dan Dapatkan Solusi Sehat Alami untuk Wanita

sumber:organisasi.org

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada artikel yang terkait

Komentar

One Response pada “Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur?”
  1. rerin says:

    Semenjak menikah sdh 2x saya menggunakan Diane 35 krn 4-5 bln tdk haid… Perkiraan dokter krn hormon… Saya pernah mengalami keguguran 1x pada bln ke 2 stlh menikah lalu thn kmrn ada kista 3mm namun sdh hilang dgn obat… Saya ingin sekali hamil dan memiliki momongan… Berbagai obat penyubur dan vit non herbal / herbal/habbatusauda sy konsumsi namun tetap tdk normal sikulus haidnya… Mhn info solusi terbaik untuk saya,khususnya program kehamilan… Terima kasih

Komentar Anda